cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmanajemenpendidikan.uki@gmail.com
Editorial Address
Jl. Mayjend Sutoyo No. 2 Cawang, Jakarta Timur, 13630 Telp.021-8009190. Ext.441. Fax 021-8094050
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan
ISSN : 23015594     EISSN : 27459543     DOI : https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3269
Core Subject : Science, Education,
The Journal of Education Management publishes scientific papers in the form of conceptual ideas, studies and application of theories as well as research results in education and teaching at the elementary, junior/senior high, and university/college levels. Journal of Educational Management aims to be a medium for disseminating conceptual ideas of studies and application of theories along with research results in the scope of elementary education, junior/senior high education, and university/college education. Publication about scientific works pays attention to signs in scientific studies that can be accounted for and pays attention to ethics, morals in writing scientific papers
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2013): JULI" : 6 Documents clear
HUBUNGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN TENAGA PENDIDIK DENGAN KOMPETENSI PROFESSIONAL GURU STUDI DI SEKOLAH VICTORY PLUS BEKASI I Gusti Ayu Agung Esa Citrawati; Anung Haryono
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 2 No 2 (2013): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.569 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara manajemen pembelajaran dengan komptensi professional guru; pelatihan tenaga pendidik dengan kompetensi profesional guru; manajemen pembelajaran dan pelatihan tenaga pendidik secara bersama-sama dengan kompetensi profesional guru di Sekolah Victory Plus Bekasi.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional (correlational research).Populasi dalam penelitianiniadalahseluruh guru Sekolah Victory Plus Bekasi sebanyak 86 orang. Sampel penelitian adalah sebanyak 71 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling.Instrumen penelitian yang digunakanberupakuesionerdenganmodel skalaLikert. Melaluiujivaliditasdanreliabilitasdiperolehpernyataan yang valid dan reliable sebanyak 31 butirpernyataanuntukvariablekompetensiprofesional guru; 32 pertanyaan untuk variable manajemen pembelajaran; 32 butir pernyataan untuk variable pelatihantenagapendidik; Data penelitianmemilikivarians yang sama (homogen), berdistribusi normal, dan linear.Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien korelasi (R) untuk manajemen pembelajaran dengan kompetensi profesional guru adalahsebesar 0,915, nilai thitung>ttabel (18,894>1,995), H0 ditolak. 2) nilai koefisien korelasi (R) untuk pelatihan tenaga pendidik dengan kompetensi profesional guru adalah sebesar 0,852; nilai thitung>ttabel (13,515 > 1,995), H0ditolak. 3) nilai koefisien korelasi ganda untuk manajemen pembelajaran dan pelatihan tenaga pendidik dengan kompetensi profesional guru adalah sebesar 0,929, nilaiFhitung>Ftabel (214,107 > 3,312), H0ditolak.Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara 1) manajemen pembelajaran dengan kompetensi profesional guru, 2) pelatihan tenaga pendidik dan kompetensi profesional guru, dan 3) manajemen pembelajaran dan pelatihan tenaga pendidik secara bersama-sama dengan kompetensi profesional guru. Kesimpulannya adalah jika kualitas manajemen pembelajaran dan pelatihan tenaga pendidik meningkat maka kualitas kompetensi profesional guru di Sekolah Victory Plus Bekasi juga akan meningkat Dengan demikian manajemen pembelajaran dan pelatihan tenaga pendidik harus terus ditingkatkanguna meningkatkan kualitas kompetensi professional guru di Sekolah Victory Plus Bekasi.Kata Kunci : Manajemen pembelajaran, pelatihan tenaga pendidik, kompetensi profesional guru
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN SISWA SMK R. Mursid
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 2 No 2 (2013): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.133 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar teknik pemesinan antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran koperatif tipe STAD dan tipe jigsaw, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat berwirausaha tinggi dan rendah (3) interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan minat berwirausaha dalam mempengaruhi hasil belajar teknik pemesinan. Populasi penelitianini adalah siswa kelas XI SMK negeri. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar teknik pemesinan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran koperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar teknik pemesinan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran koperatif tipe STAD, (2) hasil belajar teknik pemesinan siswa yang memiliki minat berwirausaha tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat berwirausaha rendah dan (3) tidak terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dengan minat berwirausaha dalam mempengaruhi hasil belajar teknik pemesinan.Kata Kunci : pengaruh strategi pembelajaran, berwirausaha, hasil belajar teknik pemesinan
PLAGIARISME DAN KETIDAKJUJURAN AKADEMIS Bernadetha Nadeak
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 2 No 2 (2013): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.479 KB)

Abstract

Academic dishonesty is commonly found in students. There are a lot of factors that play role in this issue such as the perspective of peer group, advanced technology of internet, culture, lack of writing skill, and academic achievement.An effort to establish academic honesty needs involvement of university itself, staff lecturers, and students. This effort is directed to create an atmosphere where academic honesty is an important issue and main concern of the campus.Students need to be informed about academic honesty since they enter university. They needs to be given training to develop their academic writing skills. A special unit to perform this training needs to established in a university. the university also needs to utilize software to check the writing of students in order to detect plagiarism. Keywords : Plagiarism, academic dishonesty, academic skilss
HUBUNGAN PEMBERDAYAAN DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KUALITAS PELAYANAN GURU STUDI DI YAYASAN PENDIDIKAN KATOLIK RICCI 1 JAKARTA BARAT Said Hutagaol; Amos Neolaka
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 2 No 2 (2013): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.295 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pemberdayaan dan motivasi kerja dengan kualitas pelayanan guru. Tempat penelitian dilakukan di Yayasan Pendidikan Katolik Ricci 1 Jakarta Barat. Waktu penelitian selama 3 bulan yakni Januari sampai Maret 2012. Metode penelitian adalah penelitian survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah milik Yayasan Pendidikan Katolik Ricci Jakarta. Sampel penelitian adalah para guru di Yayasan pendidikan Katolik Ricci 1 Jakarta Barat yang berjumlah 45 orang. Instrumen penelitian adalah kuesioner, dan telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji regresi dan korelasi serta menggunakan bantuan program SPSS versi 17.00 untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian adalah (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberdayaan dengan kualitas pelayanan guru di Yayasan Pendidikan Katolik Ricci 1 Jakarta Barat; karena dalam pengujian hipotesis diperoleh F hitung = 36,845 dan Ftabel = 4,067, maka hal ini menunjukkan bahwa Fhitung> F tabelatau 36,845 < 4,067 dan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (2)Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kualitas pelayanan guru di Yayasan pendidikan Katolik Ricci 1 Jakarta Barat; karena dalam pengujian hipotesis diperoleh Fhitung > Ftabel atau 37,480 > 4,067 dan nilai probabilitas0,000 < 0,05.(3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberdayaan dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kualitas pelayanan guru di Yayasan Pendidikan Katolik Ricci 1 Jakarta Barat; karena dalam pengujian hipotesis diperoleh Fhitung > Ftabel atau 30,413 > 3,214 dan nilai probabilitas (sig) 0,000 < 0,05.Kesimpulannya adalah oleh karena terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberdayaan dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kualitaas pelayanan guru, maka semakin tinggi pemberdayaan dan motivasi kerja maka semakin tinggi kualitas pelayanan guru di Yayasan Katolik Ricci 1 Jakarta Barat. Oleh karena itu perlu adanya pembenahan dalam pemberdayaan guru dan motivasi kerja, agar kualitas pelayanan guru semakin baik, khususnya agar menjadi perhatian Yayasan katolik Ricci 1 Jakarta Barat. Kata Kunci : Pemberdayaan, Motivasi Kerja, Kualitas Pelayanan Guru
HUBUNGAN BUDAYA DISIPLIN DAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU BELAJARSISWA KELAS V DI SEKOLAH VICTORY PLUS KOTA BEKASI Esterlita Esterlita; Hotner Tampubolon
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 2 No 2 (2013): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.112 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan budaya disiplin dengan perilaku belajar, hubungan motivasi dengan perilaku belajar, dan hubungan budaya disiplin dan motivasi dengan perilaku belajar siswa. Budaya disiplin merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan perilaku belajar siswa di sekolah. Hal ini dapat dilihat melalui sikap siswa dalam mematuhi peraturan di sekolah. Begitu juga faktor motivasi belajar siswa. Siswa dapat menunjukkannya melalui sikap belajar yang tinggi di sekolah.Akan tetapi budaya disiplin dan motivasi belajar siswa di Sekolah Victory Plus masih terlihat rendah. Metode penelitian adalah metode penelitian korelasional (correlationalresearch) dan metode penelitian survei, sehingga dapat melihat hubungan antaravariabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas yang diteliti oleh penulis adalah perilaku belajar dan variabel terikat yang diteliti adalah budaya disiplin dan motivasi belajar siswa. Penulis memberikan kuesioner atas variabel budaya disiplin, motivasi, dan perilaku belajar kepada siswa kelas VI sebagai sampel ujicoba dan siswa kelas V sebagai sampel penelitian. Uji validitasyang dilakukan penulis adalah dengan mengkorelasikan masing-masing pernyataan dengan jumlah skor untuk masing-masing variabel. Teknik korelasi yang digunakan adalah teknik korelasi pearson. Sedangkan untuk menguji reliabilitas digunakan uji konsistensi internal dengan menggunakan rumus Alpha Cronbac.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya disiplin dengan perilaku belajar siswa, motivasi dengan perilaku belajar siswa,dan budaya disiplin dan motivasi dengan perilaku belajar siswa kelas V. Berdasarkan penelitian ini, maka budaya disiplin dan motivasi siswa kelas V di Sekolah Victory Plus perlu ditingkatkan sehingga perilaku belajar siswapun meningkat.Kata Kunci : Budaya disiplin, motivasi, perilaku belajar.
EFEKTIVITAS BREAK TIME POLICY DALAM MEMBENTUK PERILAKU DISIPLINSISWA PADA WAKTU ISTIRAHAT DI SEKOLAH DASAR VICTORY PLUS BEKASI Fifi Anggraini Donohadi; Amos Neolaka
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 2 No 2 (2013): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.238 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas break time policy di Sekolah Victory Plus Kota Bekasi. Waktu penelitian pada bulan April sampai Agustus 2013. Permasalahan terletak pada fokus penelitian yaitu kebijakan/policy tentang perilaku siswa SD Victory Plus Bekasi pada waktu isterahat. Kebijakan ini sudah diterapkan tetapi kurang efektif karena tempat istirahat di sekolah sangat terbatas, tidak terorganisir dengan baik, dua kali waktu istirahat yang cukup lama, sehingga siswa cenderung melakukan kegiatan yang melanggar kebijakan, misalnya: bermain bola, berlari di koridor yang dapat mengakibatkan kecelakaan.Terdapat empat subfokus penelitian, yakni: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi break time policy. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara individual dan diskusi kelompok. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah SD dan wakilnya sebagai pembuat kebijakan.Diskusi kelompok pertama adalah 9 wakil guru kelas 1 sampai kelas 6, sedang diskusi kelompok kedua adalah 8 wakil siswa kelas 5 dan kelas 6 yang di antaranya pernah menjadi prefect. Temuan penelitian adalah perencanaan dibuat dengan menganalisa keadaan di lapangan. Strategi pengorganisasian yang dilakukan kurang mengenai sasaran. Komitmen dan kedisiplinan guru beserta siswa sebagai pelaksana kebijakan belum 100%. Belum terjadi kesatuan pengarahan, dan pelaksana kebijakan merasa bingung karena break time policy belum pernah ditinjau ulang, dan diperbaiki sesuai dengan keadaan sekarang.Kesimpulan adalah perencanaan break time policy sudah efektif, Namun, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi break time policy ini belum efektif, karena ada beberapa fungsi manajemen yang tidak efektif. Oleh karena itu secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa break time policy ini tidak efektif, perlu ditinjau ulang dan diperbaiki agar kedisiplinan siswa pada waktu istirahat dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Efektifivitas, break time policy, perilaku disiplin

Page 1 of 1 | Total Record : 6